Resep Kue Lapis Labu Kuning dan Ketan

LAPIS LABU KUNING & KETAN by @aniktriwina

Posted on

Assalamualaikum selamat hari Sabtu moms..

Kali ini mau bikin lapis labu kuning lagi nih resepnya mba cantik @mbaiyya tp kali ini takaran ketannya di balik hahha.. Klu biasa takaran ketan hitam lebih banyak karena stocknya hanya punya ketan hitam sedikit jadi saya balik, tastenya tetep nikmat dan makin legit krn dominan ketan putih. Suka banget dng kue satu ini selain pecinta ketan buat sarapan jg pas bisa kenyang manisnya labu berpadu gurihnya ketan cocok banget buat teman kopi pagi lebih nikmat saat kluar dr kulkas tp klu udah lebih dari 1 hari di kulkas harus diangetin lagi karena ketannya pasti akan mengeras, walau diangetin ulang tp texturenya labu tetep kokoh ya ga jadi lembek atau ambyar jd jng takut klu 1 kali bikin ga langsung habis.

Entry untuk GA ce @linagui.kitchen dan @electroluxindonesia semoga berkenan 😊

LAPIS LABU KUNING & KETAN by @aniktriwina (Loyang uk. 18x10x8 cm)

Source @mbaiyya

Recook @aniktriwina

Resep Kue Lapis Labu Kuning dan Ketan

Lapisan bawah:

  • 80 gr ketan hitam, cuci bersih, rendam 10 menit
  • 160 gr ketan putih, cuci bersih, rendam 30 menit
  • 65 ml santan
  • air secukupnya
  • ¼ sdt garam
  • 4 lembar daun pandan, ikat simpul

Lapisan atas:

  • 200 gr puree labu kuning
  • 200 ml santan kekentalan sedang
  • 5 sdm tepung beras
  • 1 sdm tepung custard/maizena
  • 100 gr gula pasir (sesuaikan dgn manisnya labu)
  • 1 telur ayam ukuran besar
  • ½ sdt bubuk kayu manis
  • ¼ sdt garam

Cara:

  • Rebus ketan hitam dan 2 lembar daun pandan. Air secukupnya aja asal ketannya terendam semua. Rebus selama 15-20 menit, angkat lalu saring airnya.
  • Kukus ketan putih dan 2 lembar daun pandan selama 10 menit. Angkat.
  • Aduk ketan putih, daun pandan, santan dan garam hingga rata.
  • Campurkan ketan hitam dan ketan putih, aduk rata.
  • Kukus selama 25 menit atau sampai ketan matang.

 

Resep Kue Lapis Labu Kuning dan Ketan 2

 

  • Panaskan kukusan dan siapkan loyang oles margarin atau minyak dan alasi kertas roti
  • Masukkan panas2 adonan ketan ke dalam loyang, tekan2 sampai benar2 padat (aku pake sendok nasi berbahan plastik yg udah dicelup ke air supaya ga lengket). Sisihkan daun pandan.
  • Panaskan selama 10 menit sambil membuat lapisan atasnya.
  • Campur semua bahan lapisan atas dgn blender atau hand whisk.
  • Tuangkan adonan labu ke atas lapisan ketan. Pastikan ketannya sudah panas spy lapisannya menempel dan ga rembes ke bawah.
  • Kukus dgn api kecil selama 35-45 menit. Bungkus tutup dandang dgn serbet.
  • Angkat, dinginkan hingga suhu ruang.
  • Masukkan ke kulkas, potong setelah benar2 set.
  • Tiap akan memotong, celup pisau ke air dingin+bersihkan dgn tisu/serbet agar ketannya ga lengket di pisau mengotori lapisan labu kuningnya.

Happy cooking moms, semoga bermanfaat….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.